Minggu, 20 Desember 2009

Regenerasi Kulit Wajah


Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang kencang, bercahaya dan selalu tampak muda berseri. Tentunya setiap usia memiliki fase keistimewaan tersendiri termasuk dengan perawatannya. Untuk mendapatkan kulit yang Anda idam-idamkan semua tergantung dari perawatan bagaimana Anda merawatnya dengan baik. Masa remaja di usia 20-an rata-rata memiliki komponen kulit seperti epiderma, kolagen, elastin dan pembuluh darah yang berkembang secara maksimal. Sehingga tekstur kulit terlihat berwarna kemerahan segar.


      Pada kulit terutama di bagian wajah, biasanya akan mengalami seputar wajah berminyak dan berjerawat yang disebabkan oleh faktor hormonal atau perawatan yang kurang tepat. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut karena dapat diatasi bila Anda pandai dan rajin merawat kulit setiap harinya.

      Agar Anda dapat tetap mempertahankan regenerasi sel dengan baik, tentunya sel kulit tidak dapat bekerja secara sendiri. Hal ini diperlukan adanya perawatan baik dari luar maupun dari dalam yang dapat membantu mengoptimalkan proses penggantian kulit secara alami. Seperti diketahui bahwa, pergantian atau regenerasi kulit wajah secara alamiah sel kulit wajah mengganti sel kulit yang baru setiap 28 hari. Tetapi karena seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kemampuan regenerasi sel pun berkurang. Pada sel kulit baru tidak terbentuk dengan secara cepat seperti pada usia muda.

      Sangat penting bagi Anda para wanita yang ingin menjaga dan merawat kulit wajah mulai dini. Anda bisa melakukan perawatan harian ataupun mingguan. Berikut ini perawatan harian maupun mingguan yang dapat Anda ikuti dengan menyesuaikan jenis kulit wajah.
    Perawatan Harian
  • Bersihkan wajah setelah Anda menggunakan make up ataupun setelah melakukan aktivitas seharian diluar rumah. Gunakan pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol.
  • Gunakan pelembap yang mengandung SPF 15 atau lebih. Ini dikhususkan bagi wanita yang memiliki aktivitas diluar ruangan dengan waktu yang cukup lama. Atau bisa menggunakan pelembap siang (mengandung antitabir surya) dan malam (anti-aging untuk membantu regenerasi kulit). Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Gunakan make up yang ringan dan tidak berlebihan, seperti menggunakan foundation setiap harinya. Bila perlu hindari pemakaian foundation setiap hari karena menyebabkan pori-pori tersumbat dan hal tersebut yang dapat menimbulkan jerawat secara tidak sadar.
  • Oleskan krim khusus mata untuk melembapkan daerah kantung mata agar tidak mudah kerut dan kendur. Gunakan sebelum tidur.
  • Konsumsi secara rutin makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan, sayur mayur serta air putih setiap harinya. Dengan kandungan yang terdapat dalam makanan yang Anda konsumsi dapat membantu proses regenerasi kulit secara alami. Sedangkan air putih mampu mempercepat mengeluarkan racun dan lemak tidak berguna dalam tubuh yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.
  • Lakukan olahraga secara teratur 2-3 kali dalam seminggu.
    Perawatan Mingguan
  • Bila kulit wajah Anda cocok dengan melakukan facial, lakukan hal tersebut secara teratur agar mencegah penuaan dini. Tetapi jika kulit wajah Anda bermasalah, cukup lakukan facial dua minggu sekali atau sebulan sekali.
  • Agar menjaga kulit wajah tetap kencang dan lembap, gunakan masker atau Anda bisa mencoba dengan peeling yang berfungsi untuk menipiskan noda-noda kecoklatan akibat rusaknya melanin karena sinar UV.
      Mulailah manjakan kulit Anda terutama pada bagian wajah dan lakukan perawatan sedini mungkin. Disarankan memulai perawatan dapata dilakukan sejak usia 25 tahun, karena pada usia inilah kulit memerlukan bantuan untuk melahirkan sel kulit baru secara optimal. Dan perlu diketahui agar terhindar dari kulit kering dan rusak, maka hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minuman berkafein, alkohol serta menghindari tidur malam atau begadang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar